Doa Keluarga Sakinah

keluarga sakinah
Keluarga Sakinah sekalian, Doa Keluarga Sakinah  sejak kecil sudah sering Den Sinyo dengar. Doa Keluarga Sakinah tersebut sering dilantunkan untuk puji-pujian sambil menunggu imam datang di mushola dekat rumah. Doa yang terlihat sederhana namun  cukup menyentuh.

Dalam Alquran surat al Furqaan ayat 74 Allah Ta'ala berfirman:


keluarga sakinah

"Dan orang orang yang berkata: 'Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.'(QS 25:74)"

Dalam tafsir jalalain disebutkan:
(Dan orang-orang yang berkata, "Ya Rabb kami! Anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami) ia dapat dibaca secara jamak sehingga menjadi Dzurriyyaatinaa, dapat pula dibaca secara Mufrad, yakni Dzurriyyatinaa (sebagai penyenang hati kami) artinya kami melihat mereka selalu taat kepada-Mu (dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.") yakni pemimpin dalam kebaikan.

"...istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami)...". Istri dan anak (mungkin cucu dan seterusnya tapi den sinyo belum mengalami sendiri) memang bisa menyenangkan hati. Itulah yang Den Sinyo rasakan dalam meniti rumah tangga tidak menutup kemungkinan rekan Keluarga Sakinah juga merasakannya. Seorang lelaki berhak bersenang-senang dengan anak dan istrinya, dengan cara yang baik tentunya.

Doa keluarga sakinah kemudian dilanjutkan dengan "...dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa".

Rekan Keluarga Sakinah yang dirahmati Allah, permohonan kepada Allah agar dianugerahi istri dan keturunan yang takwa sehingga bisa menyenangkan hati dan menyejukkan perasaan. Dengan demikian akan bertambah banyaklah di muka bumi ini hamba-hamba Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang: Di samping itu bermunajat kepada Allah agar keturunannya (anak cucunya) di samping menjadi orang-orang yang bertakwa seluruhnya mereka hendaknya menjadi penyeru manusia kepada takwa menjadi pemimpin bagi orang-orang yang yang bertakwa.

Rekan Keluarga Sakinah sekalian, keinginan agar anak cucu dan keturunan menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa bukan karena mengharapkan kedudukan atau kekuasaan, namun semata-mata tulus ikhlas agar penduduk dunia ini dipenuhi oleh orang-orang yang beriman dan bertakwa untuk menegakkan keadilan dan kebenaran. Dengan demikian meski kita meninggal tetap mendapat kiriman pahala atas apa yang dilakukan keturunan kita. Sabda Rasulullah SAW:

"Apabila seorang anak Adam telah mati, maka putuslah segala pahala amalnya kecuali dari tiga macam: sedekah yang dapat dimanfaatkan orang, ilmu pengetahuan yang ditinggalkannya yang dapat diambil manfaatnya sesudah matinya, anak yang saleh yang selalu mendoakannya". (H.R. Muslim dari Abu Hurairah)

Kalimat terakhir dari Doa Keluarga Sakinah tersebut berisi harapan sekaligus ikrar bahwa seorang laki-laki harus menjadi imamnya orang-orang yang bertakwa, tidak lain anak istri kita. Untuk menjadi imam bagi orang takwa tentu saja mengandung konsekuensi bahwa sang pemimpin, dalam hal ini kepala rumah tangga, juga harus bertakwa.

Doa Keluarga Sakinah tersebut di atas hanyalah sebuah doa, sebuah permohonan, munajat kepada Allah SWT. Selain memohon, kita juga diwajibkan untuk berikhtiar untuk mencapai keinginan kita tersebut. Berusaha segenap hati, pikiran, dan tindakan untuk mendapatkan ridho Allah. Jika Allah ridho, apapun yang kita inginkan pasti terwujud.

Rekan Keluarga Sakinah, pepatah mengatakan, "Satu teladan lebih bermakna dari seribu nasihat". Den Sinyo pernah mengalami pepatah itu yang salah satunya kisah sederhana semasa kecil tentang Fasilitas Umum Terawat Seandainya...

Semoga saja mampu mewujudkan makna Doa Keluarga Sakinah di atas dalam kehidupan Den Sinyo. Ikhtiar dibarengi doa, keputusan ada di tangan Sang Maha.

Pelemsewu, 23:17, 10 November 2011 (teringat akan menjadi ayah dari dua orang anak namun masih belum bisa jadi kepala rumah tangga yang baik)

Tags: , ,

@DenShoim

Lelaki Ganteng tiada tanding tiada banding yang beruntung sudah beristri jadi tidak perlu kebingungan lagi memilah dan memilih, tinggal menikmati saja yang ada. Meski berwajah imut namun sudah punya dua anak lucu. Berwirausaha serabutan sambil mencoba budidaya jangkrik dan pengembangan toko batik online. Perokok yang tidak suka dengan kelakuan para perokok itu sendiri.

5 komentar

  1. articles of interest ... appropriate for us as Muslims musings ....

  2. This is a very good article .. Thank you .. have a great day!.! happy blogging ...

  3. @shafira & bulir permata: terima kasih berkenan berkunjung..ditunggu kunjungan & masukan berikutnya :)

  4. Harapanku dengan mambaca do'a ini keluargaku bisa menjadi sakinah, thank udah berbagi.

  5. mohon dicopy surahnya ya...semoga bermanafaat pada semua..

Leave a Reply

Terima Kasih jika berkenan memberi masukan, kritik ataupun saran atas materi ataupun bahasa dan penulisan pada blog KELUARGA SAKINAH. Harap tidak melakukan SPAM